Home PROGRAM Leadership Retret Kepemimpinan Remaja

Retret Kepemimpinan Remaja

Banyak orang tua menemui kesulitan ketika berhadapan dengan anak-anak mereka yang sedang memasuki masa remaja. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan pola perilaku para remaja tersebut. Pada masa ini, mereka mengalami ketegangan yang disebabkan oleh perubahan-perubahan fisik, mental, dan psikologis. Tak jarang, anak-anak remaja ini kemudian melampiaskan kegelisahan mereka ini dengan perilaku-perilaku khas remaja: mengurung diri, selalu membantah nasihat orangtua, penasaran dengan hal-hal baru, lebih mendengarkan teman-teman sebaya, dan lain sebagainya.

Awal tahun 2019, Lontar Edukasindo menerbitkan program Retret Kepemimpinan Remaja yang merupakan salah satu program kaderisasi khusus remaja yang akan sangat membantu orangtua dan lembaga sekolah dalam memberikan bekal pengembangan diri bagi para remaja. Program ini dirancang dengan memadukan pengembangan sisi rohani dan pengembangan softskill remaja. Dengan metode pembelajaran experiential learning (30% teori 70%praktik), program ini akan sangat menarik dan menantang para peserta untuk mengeksplorasi pertanyaan-pertanyaan hidup yang ada dalam pikiran mereka. Berikut tema-tema yang akan menjadi dinamika selama program berlangsung:

Self Discovering: Melatih peserta untuk mampu meluangkan waktu hening dan menggunakannya sebagai sarana berkomunikasi dengan diri dan Pencipta, dapat digunakan juga sebagai latihan mengoptimalkan daya imajinasi dan daya pikiran untuk membangun motivasi dari dalam diri.

My Life My Adventure :Mengenal diri, sejarah singkat hidup pribadi dihadapkan dengan kesadaran terhadap kelebihan dan kekurangan diri. Pada akhir petualangan, peserta diharapkan menemukan peran Allah yang setia dan mendidik dengan cara yang khas

DIGLIFE & DEEPEN: Gali makna kehidupanmu sedalam-dalamnya dengan cara-cara yang positif, sesuai dengan kepribadianmu dan tentunya, menyenangkan! Komunikasikan dengan jelas sehingga sampai kepada yang kamu tuju. Sekarang ini, sarana yang efektif dan menarik adalah sarana digital. Dig-Life (digital life) sudah menjadi cara hidup remaja millennial, mereka harus menguasai dan ahli di bidangnya. Dan yang lebih penting mampu menggunakan sarana tersebut untuk mencapai tujuan hidup.

Outdoor Activity – Outbound: Peserta berlatih nilai kompetensi, integritas, komitmen, dan belarasa (compassion) dalam bentuk fun games yang dirancang sedemikian rupa sehingga memberi ruang belajar yang asyik dan penuh makna. Pada sesi ini, selain diberi kesempatan untuk mengekspresikan diri, peserta belajar untuk bersosialisasi dan bekerjasama dengan peserta lain. Belajar menggunakan perbedaan sebagai kekuatan.

ProjectCom: Peserta berlatih berkomunikasi di depan umum dengan mempresentasikan project Dig-Life yang dibuat. Sementara itu, peserta lain memberi komentar apresiasi dan masukan yang membangun. Pada sesi ini pembimbing memberikan tips untuk bisa berbicara di depan umum dengan baik dan jelas, dari preparation, opening statement, main statement dan closing.

Art of Heart: Merupakan project akhir peserta untuk belajar mendalam mengenai keterbukaan pikiran dan hati [compassion] yang akan membentuk karakter pemimpin. Dalam sesi ini, secara berpasangan peserta akan diminta keluar dari area tempat pelatihan berjalan menemui para pedagang kaki lima, mengajak mereka berbincang-bincang tentang tema kehidupan.

Segera hubungi kami melalui email info@lontaredukasindo.com atau melalui 085885527528 (telp & WA)

Lontar Edukasindo – Membangun Karakter Membangun Kehidupan