Home VALUES Lontar's Pedagogy Mengasah Potensi Manusia

Mengasah Potensi Manusia

Dalam mengembangkan diri, manusia harus memperhatikan seluruh dimensi kemanusiaannya, yaitu dimensi spiritual, fisik, budi, dan kehendak (istilah lain: jiwa, raga, rasa, dan karsa). Keempat hal tersebut perlu mendapat penangan secara proporsional sehingga manusia secara internal memiliki daya hidup. Seperti halnya, saat kita mengendarai sepeda, kita memadukan seluruh gerak dari banyak bagian sehingga kita bisa melaju dengan seimbang dan penuh kekuatan.

Manusia adalah makhluk hidup dengan potensi yang sangat luar biasa. Hanya sedikit orang yang menemukan dirinya memiliki kekuatan besar!

Di tengah banyaknya program outbound yang ada, kami hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang menginginkan adanya program outbound yang bukan sekedar bermain-main saja. Lontar Edukasindo  menyediakan jasa outbound dengan tujuan pengembangan Sumber Daya Manusia dengan metode Experiential Learning. Dalam setiap program kegiatan, kami mendesain segala aktivitas sebagai “ruang belajar” yang luas bagi masing-masing individu. Kami mendorong setiap individu yang berproses di dalam program kami tidak hanya sekedar mendapatkan pengalaman berkegiatan di luar ruangan saja, tetapi yang terpenting adalah mendapatkan pembelajaran bermanfaat dari setiap aktivitas yang dilakukan sebagai bekal untuk berproses dalam dunia kerja nyata. Dalam kerangka pemikiran itu, kami memiliki team dari berbagai latar belakang guna mendukung desain program yang holistik.

Kami memahami bahwa setiap organisasi memiliki keunikan, dinamika dan kebutuhan yang berbeda. Oleh karenanya, program pelatihan tidak dapat dibuat standard baku dan diimplementasikan sama untuk semua organisasi. Kami merancang program pelatihan secara “Tailor Made” agar dalam pelaksanaannya tidak menyimpang jauh dari Visi, Misi, Budaya dan Nilai-nilai serta kebutuhan organisasi Anda. 

Dalam setiap program outbound, kami mendesain segala aktivitas sebagai ruang belajar bagi setiap individu –  Bro Windra

Setidaknya, lima hal berikut akan Anda alami dalam menggali potensi diri dalam program outbound kami:

  1. MENGALAMI: Proses ini selalu kami pastikan berjalan dengan kesadaran peserta untuk memberi pengalaman setiap individu melakukan sendiri aktivitasnya. Dengan ini, peserta benar-benar menjadi bagian tak terpisahkan dari keseluruhan kegiatan outbound yang dijalani.
  2. MENGUNGKAPKAN: Setelah melakukan sesuatu, hal yang kami nilai sangat penting adalah mengungkapkan dengan menyatakan kembali apa yang dialaminya itu, berikut tanggapan atau kesan (sensing & self reviewing). Hal ini sulit bagi beberapa orang yang tidak terbiasa mengungkapkan opini di depan umum, tetapi kami memiliki cara supaya setiap peserta dapat dengan mudah melakukannya.
  3. MENGOLAH: Peserta kemudian mengkaji semua ungkapan pengalaman rekannya, lalu mengaitkannya dengan pengalaman lain yang mungkin mengandung ajaran atau makna serupa (communal reflection – memberi makna pada pengalaman)
  4. MENYIMPULKAN: Kelanjutan logis dari pengkajian adalah keharusan untuk mengembangkan atau merumuskan prinsip, berupa kesimpulan umum dari pengalaman tadi.
  5. MENERAPKAN: Langkah terakhir adalah menyusun rencana untuk menerapkan beberapa prinsip yang diperoleh tadi ke dalam kehidupan nyata selanjutnya (self resolution)