Home VALUES Lontar's Pedagogy Lontar’s Pedagogy

Lontar’s Pedagogy

Nilai-Nilai Lontar Edukasindo

  1. Percaya akan keagungan manusia sebagai pribadi

Insan Lontar percaya bahwa setiap manusia diciptakan dengan tujuan maha hebat oleh sang Pencipta. Oleh karenanya, manusia adalah unik dan memiliki personal power yang harus dikembangkan. Kesadaran dan penghargaan terhadap nilai personalitas tersebut menjadi dasar kami untuk berkembang.

  1. Bertindak berdasarkan kesadaran penuh

Salah satu keunggulan manusia adalah kemampuannya berpikir dengan pikirannya dan merasakan intuisi dengan kepekaan hatinya. Dari kedua hal itu, manusia memiliki kemampuan untuk memutuskan tindakan yang akan diambil. Manusia yang bijaksana adalah manusia yang menggunakan kemampuan akal (pikiran) dan rasa (hati) untuk bertindak. Untuk menjadi manusia yang bertindak dengan kesadaran penuh ini, kita harus berlatih secara terus-menerus sesuai tingkat kompleksitas kehidupan kita.

  1. Menjadi pribadi yang terus belajar

Di atas langit masih ada langit, demikianlah pepatah kuno yang ingin selalu mengingatkan kita betama luasnya kehidupan itu. Apa yang sudah kita capai hari ini tentu bisa kita kembangkan lagi. Kita harus berani membuka cakrawala pengetahuan kita bahwa kita bisa terus berkembang ke arah yang lebih baik lagi.

  1. Fokus pada hasil terbaik

Kami yakin, dengan kerja keras dan semangat pantang menyerah, manusia dapat mencapai hasil yang maksimal dari apa yang ia kerjakan. Tekat untuk menjadi yang terbaik harus menjadi kesadaran awal. Semangat tersebut akan memberikan dorongan luar biasa mencapai garis finish.

  1. Manusia dengan kearifan lokal sekaligus perspektif global

Dunia kita saat ini terkait satu sama lain. Internet menjadi salah satu gebrakan teknologi yang membukacara-cara baru masyarakat dunia berkomunikasi dan berinteraksi. Manusia era ini dituntut mampu memanfaatkan peluang-peluang dunia yang terbuka tersebut tanpa tercabut dari identitas lokalnya. Dunia kini seakan-akan tak tersekat oleh ruang dan waktu; kita menjadi masyarakat global dan perlu memperbarui cara-cara kita membangun hidup bersama.